Sekjend KPU RI Sidak Kesiapan Pemilu Di Sintang

Politik, Ragam180 Dilihat

Sintang |Kapuasindo.com – Sekretaris Jendral KPU RI Drs.  Bernad Dermawan Sutrisno, M.Si melakukan kunjungan mendadak untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu 2024 di kabupaten Sintang, pada Sabtu, (27/1) sore.

Turut hadir sejumlah kepala biro di jajaran sekretariat jenderal KPU RI dan sekretaris KPU provinsi Kalimantan Barat Dra. Krisnawaty Kristina Banjarnahor, AP.,M.M.

Sekretaris KPU Sintang Hermanus, M.Si dalam keteranganya menyatakan sekitar pukul 16.00 WIB, tiba-tiba di hubungi oleh ajudan sekjend KPU RI dan menyatakan bahwa dalam waktu 20 menit lagi, Sekjend akan melakukan pengecekan Gudang logistic KPU Sintang.

“Rasanya saya tidak percaya, karena ajudan pak Sekjend menginfokan bahwa dalam waktu 20 menit, Pak Sekjend akan tiba di Gudang logistic. Namun, saat dihubungi itu saya hanya bisa menjawab siap saja. Dan setelah itu saya sampaikan kepada staff yang berada di Gudang,”tuturnya.

Saat berada di Gudang logistic KPU Sintang di komplek ruka Jln. Raya Sintang – Putusibau Kelurahan Akcaya 1. Sekjend langsung melihat kondisi gudang logistic, melihat proses packing logsitik yang dilakukan oleh pekerja bersama sejumlah staff.

“Beliau ingin memastikan bahwa logistic pemilu dan gudang kita memang benar-benar siap,”tambah Hermanus.

Setelah melakukan kunjungan ke gudang logistic, Sekjend dan rombongan melakukan kunjungan ke kantor KPU Sintang di Jln. Dr. Wahidin S No.77 Sintang. Di kantor KPU SIntang, sekjend melakukan dialog dengan sejumlah staff secretariat.

Perbincangan terlihat serius namun suasana terlihat santai. Sejumlah informasipun di sampaikan oleh sekjend terutama terkait dengan kesiapan badan adhoc khususnya PPS yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pemilu 2024 ini.

Kesempatan langka, kunjungan sekjend KPU RI ke Sintang ini tentu saja tidak di sia-siakan oleh sekretaris KPU Sintang untuk menyampaikan beberapa hal strategis. Antara lain tentang pembangunan Gedung KPU Kabupaten Sintang diatas sebidang tanah di jalan raya Sintang – Putussibu yang merupakan tanah hibah dari Pemkab Sintang.
“Respon beliau sangat bagus. Kita diminta untuk segera mengajukan permohonan pembangunan gedung KPU kabupaten Sintang. Bahkan beliau juga mengatakan agar kami mengajukan rehap untuk kantor yang saat ini kita gunakan yang memang kondisinya sudah rapuh. Tentu kita akna segera tindak lanjuti hal ini,” Tegas Hermanus.

Hal penting lain yang juga di sampaikan oleh sekretaris KPU Sintang adalah tentang adanya kekosongan kasubbag Hukum dan SDM di KPU kabupaten Sintang. Selama setahun lebih, posisi kasubbag Hukum dan SDM terpaksa di isi oleh kasubbag yang ada dengan status pelaksana tugas harus (Plh). “Walau dirasakan sangat berat, namun posisi itu harus tetap kami isi dengan pejabat yang ada. Dan semoga permohonan kami langsung kepada pak

Meski mengaku tidak tahu secara persis mengapa sekjen KPU RI memilih kabupaten Sintang menjadi kabupaten yang di kunjungi secara mendadak, Hermanus mengaku sangat bersyukur atas kunjungan tersebut.
“Saya sampaikan sama pak Sekjen, bahwa rasanya seperti mimpi sekjend KPU RI berkunjung ke Sintang,”ucapnya.
Secara keseluruhan ia menangkap bahwa kesan sekjend KPU RI terhadap KPU dan kesiapan untuk pemilu 2024 dirasakannya sangat postif. Setidaknya hal itu menurutnya terlihat dari Bahasa tubuh dan senyum yang selalu menghiasi wajah sekjend selama kurang lebih 1 jam berada di Sintang.
“Kunjungan sekjend KPU RI ke Sintang tentu memberikan dampak positif dan semangat bagi seluruh staff di kantor KPU Sintang. Apalagi pak sekjend terlihat puas dengan berbagai informasi yang ditanyakan terkait distribusi logistic, kesiapan petugas di TPS dan hal lainnya yang juga beliau tanyakan,”tegasnya.
Komisioner KPU Sintang, Endang Kusmiyati yang juga bertemu langsung dengan sekjend KPU RI Drs. Bernad Dermawan Sutrisno, M.Si mengaku tidak sempat berbicara banyak. Lantaran singkatnya waktu kunjungan. Ia hanya sempat mengatakan selamat datang di kabupaten Sintang.

“Hanya sempat bersalaman dan beliau mengatakan bahwa hanya sedang melakukan sidak pada pak sekretaris KPU Sintang. Saya juga menyampaikan permohonan maaf, karena 4 komisioner yang lain sedang melakukan monitoring bimtek bagi KPPS di sejumlah kecamatan, sehingga tidak bisa menemui sekjend,”ujarnya.
Namun Endang merasa yakin bahwa sekretaris KPU Sintang pastilah sudah menyampaikan informasi yang strategi kepada sekjend KPU RI khususnya terkait dengan persiapan penyelenggaraan pemilu 2024 di kabupaten Sintang.
“Siapapun pastilah berharap pesta demokrasi yang terus di persiapan dan sampai di hari H nya nanti di 14 februari 2024 sampai proses pleno bisa berjalan lancer, aman dan sukses dengan mengedepankan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *